Header Ads

Madrid Buka Peluang ke Final Liga Champions Setelah Kalahkan Munich 2-1


MUNICH
,  Juara bertahan, Real Madrid membuka peluang melaju ke babak final Liga Champions musim 2017/2018. Itu setelah mereka berhasil mengalahkan tuan rumah, Bayern Munchen dengan skor 2-1 di leg pertama semifinal.

Dengan kemenangan ini, Madrid hanya butuh hasil imbang di leg kedua untuk ke partai puncak. Sebaliknya Bayern yang akan melawat ke Santiago Bernabeu, pekan depan, harus menang dua gol untuk bisa membalikkan keadaan dan lolos ke babak final.

Jalannya Pertandingan

Pada laga di Allianz Arena Kamis, 26 April yang berakhir subuh Wita beberapa saat lalu, Bayern mengambil inisiatif serangan sejak awal. Di awal laga, mereka nyaris mencuri gol saat bola yang berusaha dibuang Dani Carvajal mengenai tubuh Robert Lewandowski. Namun, umpan Lewandowski ke depan gawang terlalu tinggi dan menyulitkan Thomas Muller untuk mengeksekusinya.

Arjen Robben harus meninggalkan lapangan di menit ke-7 karena cedera otot paha. Jupp Heynckes kemudian memasukkan Thiago Alcantara untuk mendampingi James Rodriguez dan Javi Martinez di lini tengah.

Hingga memasuki menit ke-20, tidak ada peluang bagus yang mampu diciptakan kedua tim. Baik Bayern ataupun Madrid sama-sama belum mampu melepaskan tembakan ke arah gawang lawan mereka.

Kiper Bayern, Sven Ulreich mendapat ujian pertama di menit ke-23. Carvajal yang naik membantu serangan mendapat bola liar di dalam kotak penalti saat mencoba mengirimkan umpan ke Cristiano Ronaldo. Sayang, tendangan kerasnya mengarah ke penjaga gawang yang dengan mudah menjinakkan bola.

Lewat sebuah skema serangan balik, Bayern akhirnya mencuri gol melalui bek kanan, Joshua Kimmich. Menerima sodoran James Rodriguez, Kimmich melepaskan tendangan keras kaki kanan yang mengecoh kiper, Keylor Navas yang tidak menyangka bek Jerman itu akan melakukan tembakan ke gawang. Skor 1-0.

Tuan rumah kembali kehilangan pemain andalannya, Jeremo Boateng di menit ke-27. Palang pintu Die Rotten itu harus mandi lebih awal setelah mengalami hamstring paha kanan. Ia pun digantikan Niklas Sule.

Franck Ribery mendapat peluang emas menggandakan keunggulan di menit ke-33 saat menerima bola matang dari Alchantara di dalam kotak penalti. Sayang seribu sayang, ia kehilangan kontrol saat sudah mengambil ancang-ancang untuk menembak. Bola pun langsung dipungut Navas.

Peluang emas lainnya didapatkan FC Hollywood di menit ke-40. Diawali sepak pojok, Lewandowski menyundul bola yang kemudian mengarah ke Mats Hummels yang berdiri bebas di sisi kanan gawang. Beruntung bagi Madrid, sontekan Hummels masih melenceng di atas mistar gawang.

Dua menit kemudian, giliran Muller yang memberi ancaman serius bagi gawang Navas. Mendapat bola di dalam kotak 16, kapten Bayern itu melepaskan tembakan kaki kiri keras dari jarak dekat. Sayang, bola mengenai kaki Sergio Ramos dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Asyik menyerang untuk menambah keunggulan, Bayern malah kebobolan di menit ke-43. Di awali serangan di sisi kanan pertahanan Bayern, Carvajal mengirim bola ke depan gawang yang tidak bisa dijangkau Ronaldo. Tanpa diduga pemain Bayern, Marcelo muncul dan melepaskan sepakan voli yang bersarang ke sudut kiri gawang Ulreich. Skor 1-1.

Munich nyaris kembali unggul di menit ke-2 injury time saat tendangan bebas Alcantara mampu disambut Lewandowski. Sayang, sundulan jarak dekat kapten tim nasional Polandia itu mampu ditepis Navas. Hingga wasit meniup peluitnya, skor 1-1 tetap bertahan.

Kembali dari ruang ganti, Pelatih Madrid, Zinedine Zidane langsung mengubah strategi. Isco ditarik keluar digantikan Marco Asensio. Sementara Bayern yang hanya menyisakan satu kesempatan mengganti pemain tetap dengan komposisi mereka saat turun minum.

Seperti di babak pertama, Bayern langsung menekan. Pada menit ke-50, peluang mampu mereka dapatkan. Ribery yang berhasil mengecoh Casemiro mengirim umpan ke depan gawang. Tetapi, Muller yang dikawal ketat tiga pemain Madrid tak bisa menjangkau bola yang melintas di depan mulut gawang.

Diawali kesalahan bek Bayern, Rafinha, Madrid berbalik unggul di menit ke-56. Mendapat bola dari Toni Kroos, Asensio menaklukkan Ulreich dengan mudah lewat sepakan lob kaki kiri ke sisi kiri gawang tuan rumah. Skor 1-2 bagi Los Blancos.

Bayern langsung merespons setelah tertinggal. Satu menit setelah gol Asensio, Ribery memaksa Navas melakukan penyelamatan gemilang untuk menghalau tendangan kerasnya dari dalam kotak penalti. Di menit ke-62, lagi-lagi Navas melakukan save hebat untuk memblok tendangan jarak dekat Ribery.

Menit ke-66, pergantian aneh dilakukan Zidane saat Carvajal mengalami cedera dan tidak bisa melanjutkan permainan. Bukannya memasukkan bek, legenda Prancis itu malah memasukkan Karim Benzema yang pada dasarnya adalah seorang striker.

Ronaldo membuat pendukung tuan rumah menahan nafas di menit ke-70 saat ia mampu menceploskan bola ke dalam gawang melalui sebuah tendangan kaki kiri. Beruntung bagi tuan rumah, gol Ronaldo dianulir wasit Bjoern Kuipers. Pengadil asal Belanda itu menganggap Ronaldo menyentuh bola dengan tangannya saat mencoba mengontrol bola.

Ingin menambah daya gedor, Jupp Heynckes memasukkan Corentin Tolisso di menit ke-74 untuk menggantikan Martinez yang bertipe gelandang bertahan. Namun, hingga lima menit di lapangan tidak ada dampak berarti yang diberikan. Ancaman masih lebih banyak dari Ribery yang menyisir di sisi kanan pertahanan Madrid. Zidane juga mencoba memasukkan tenaga baru di 10 menit akhir. Pada menit ke-82, Casemiro yang sudah mendapat kartu kuning ditarik keluar digantikan Mateo Kovacic.

Pada menit ke-87 Bayern mendapat kans menyamakan kedudukan. Mendapat umpan terobosan Tolisco, Leandowski hanya berhadapan dengan kiper. Sayang sontekannya melenceng di sisi kiri tiang gawang. Tidak ada gol tambahan yang tercipta dan skor 2-1 untuk kemenangan Madrid bertahan hingga laga berakhir. (SCTV/amr)

Susunan Pemain 

Bayern Munchen: Ulreich; Kimmich, Boateng (Sule 33’), Hummels, Rafinha; Martinez (Tolisco 74’); Robben (Alcantara 7’), Mueller, Rodriguez, Ribery; Lewandowski

Real Madrid: Navas; Carvajal (Benzema 66’), Varane, Ramos, Marcelo; Casemiro (Kovacic 82’), Kroos, Modric; Isco (Asensio 46’), Vazquez, Ronaldo

Tidak ada komentar