Header Ads

Menerka Parpol Ke-10 yang Diisukan Dukung Jokowi di Last Minute


Jakarta - Peta politik makin dinamis pada hari-hari terakhir menjelang penutupan pendaftaran capres-cawapres. Bangunan koalisi pendukung Joko Widodo maupun Prabowo Subianto masih dinamis dan bisa terjadi perubahan-perubahan.

Kabar terakhir, ada isu santer bakal ada satu parpol lagi merapat ke koalisi pendukung Jokowi. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyebut 'insyaAllah sekjen pendukung Jokowi akan jadi 10'.

Isu tersebut ternyata sangat santer di lingkungan Istana. Politikus PDIP Maruarar Sirait, yang kerap mondar-mandir bertemu dengan Jokowi, juga mendengar kabar yang sama. Maruarar bahkan yakin parpol ke-10 pendukung Jokowi akan merapat pada menit akhir.

"Saya yakin di detik-detik terakhir akan ada lagi parpol yang mendukung Jokowi," kata Maruarar saat berbincang dengan wartawan, Selasa (7/8/2018).

Parpol tersebut saat ini tengah bimbang. Sempat merapat ke koalisi pendukung Prabowo, tapi sampai kini belum mengambil keputusan final.

"Jokowi tentu ada kekurangannya, tapi paling tepat untuk Indonesia hari ini. Jadi nanti akan ada partai yang memperkuat lagi, sehingga dukungan ke Jokowi semakin kuat," ungkap Maruarar.

Sayang, Maruarar enggan mengungkap parpol apa yang akan merapat ke Jokowi pada saat-saat terakhir. "Komunikasi Pak Jokoiw dengan semua parpol sangat baik. Kenapa parpol ada yang mendukung Jokowi karena galau sampai last minute. Parpol-parpol ini membutuhkan waktu untuk berpikir tenang dan bijak dan kita tentu terbuka dan sangat menghargai itu," tuturnya.

Parpol yang diisukan tengah goyang salah satunya adalah PAN. Meski sudah mendorong nama Ustaz Abdul Somad sebagai cawapres pendamping Prabowo, sore tadi Ketum PAN Zulkifli Hasan merapat ke Istana menemui Jokowi. Konon, keduanya membahas kemungkinan koalisi saat last minute pendaftaran capres. Selain PAN, yang dikabarkan bimbang adalah PKS, yang saat ini menyodorkan nama Salim Segaf Aljufri jadi cawapres Prabowo tapi justru ada kesan penolakan dari PD, yang mengajukan AHY dan PAN yang mengajukan UAS sebagai cawapres Prabowo.

Lantas siapa parpol yang akan merapat ke Jokowi saat last minute?

Tidak ada komentar