Header Ads

Bima Siapkan Program Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2018



Pelatih Timnas Indonesia Bima Sakti mengaku sudah menyusun program latihan tim Merah Putih menjelang kejuaraan Piala AFF 2018.

Bima baru saja ditunjuk menjadi pelatih Timnas Indonesia senior menggantikan Luis Milla yang tidak diperpanjang kontraknya menjadi juru latih bagi skuat Garuda.

Mantan gelandang Timnas Indonesia itu akan menangani Hansamu Yama Pranata dan kawan-kawan bersama dua rekannya yang pernah membela Timnas Indonesia Primavera, Kurniawan Dwi Yulianto dan Kurnia Sandy, di Piala AFF 2018.

Bima pun siap menjalani debut menjadi pelatih kepala di Timnas Indonesia dalam kejuaraan dua tahunan antarnegara Asia Tenggara.

"Rencana sudah ada, saya sudah buat program. Pada awal November mulai latihan. Tanggal 6 November kami sudah bertolak ke Singapura untuk adaptasi dan 9 November sudah menjalani pertandingan," kata Bima Sakti usai pertandingan amal antara pemain-pemain senior yang pernah memperkuat PSPS Pekanbaru dan Timnas Indonesia, Minggu (21/10) malam.

Bima mengaku terkejut bisa menjadi pelatih Timnas Indonesia dalam waktu yang cukup singkat setelah menjadi asisten Milla selama lebih kurang satu setengah tahun.

"Ini kejutan, tak pernah bermimpi jadi pelatih timnas senior untuk Piala AFF 2018. Memang cita-cita pasti ada, tapi tak menyangka secepat ini," ujar Bima dikutip dari Antara.

Bima sudah tiga kali memimpin Timnas Indonesia dalam laga uji tanding yang berlangsung sejak September hingga Oktober atau setelah Milla kembali ke Spanyol usai perhelatan Asian Games 2018.

Dalam laga pertama menjadi pelatih caretaker, Bima mengantar Timnas Indonesia menang 1-0 atas Mauritius pada 11 September. Hampir sebulan berselang, Timnas Indonesia yang dipimpin Bima menang 3-0 atas Myanmar.

Sementara dalam laga terakhir menghadapi Hong Kong, Bima dan anak asuhnya bermain imbang 1-1.

Menghadapi tantangan membawa Piala AFF untuk kali pertama ke Indonesia, Bima berharap dapat menghadirkan prestasi yang tidak pernah diraih ketika masih menjadi pemain.

"Alhamdulillah, saya bersyukur kepada Allah. Doakan saja timnas kita mampu meraih prestasi terbaik di ajang AFF 2018," ujar Bima.

Tidak ada komentar