Header Ads

Keberhasilan di Periode Pertama Dinilai Jadi Tolak Ukur Masyarakat Bakal Pilih Jokowi



Sejumlah hasil survei menggambarkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo atau Jokowi dan Ma'ruf Amin unggul atas pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Ketua Presidium Jari 98, Willy Prakarsa, mengatakan hasil survei menunjukkan rakyat puas terhadap kinerja presiden petahana, Jokowi, di periode pertama masa pemerintahan.

"Jokowi sudah memberikan kerja nyata. Kalau dalam keadaan normal Prabowo bakal sulit menang," tuturnya kepada wartawan, Minggu (11/11/2018).

Melihat kerja mantan gubernur DKI Jakarta itu selama lima tahun memimpin Indonesia, dia meyakini, Jokowi-Ma'ruf bakal menang di Pilpres 2019.

Apalagi, suami dari Iriana itu sudah berbuat banyak hal positif di negara ini.

Dia menilai, Indonesia tepat dipimpin figur yang berkarakter melayani masyarakat lemah lembut dan tegas mengambil kebijakan. Karakter itu termanifestasi dalam diri Jokowi.

"Kami mendukung capres yang memberikan kesejahteraan yang ril dan teruji. Jokowi ini sudah terbukti melakukan berbagai terobosan," kata dia.

Pada Sabtu kemarin, ribuan orang dari Jaringan Aktivis Reformasi Indonesia 98 (Jari 98) menggelar deklarasi mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Sebelum menggelar deklarasi dukungan terhadap Jokowi-Ma'ruf, pihaknya terlebih dahulu melakukan kajian terkait persoalan politik, hukum, ekonomi, dan sosial selama kepemimpinan Jokowi.

Belakangan, sejumlah lembaga survei mengeluarkan hasil survei mengenai Pilpres 2019. Salah satu diantaranya, yaitu lembaga Y-Publica.

Berkaca dari hasil survei itu tingkat elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Amin 53,9 persen pada bulan Oktober ini. Sedangkan, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 28,3 persen.

Adapun, tingkat kepuasan publik terhadap pemerintah Jokowi-Yusuf Kalla sebesar 72,2 persen.

Tidak ada komentar