Header Ads

Ribuan Prajurit TNI Jaga Kampanye Jokowi di Banjarmasin


Komandan Korem 101/Antasari Kolonel Inf M Syekh Ismed mengatakan TNI menyiapkan ribuan personel untuk pengamanan kampanye akbar calon Presiden Joko Widodo di Kota Banjarmasin pada Rabu (27/3/2019).

Capres petahanan nomor 01 ini akan menghadiri kampanye akbar di Stadion 17 Mei Banjarmasin pukul 14.00 - 16.00 wita. Setelah itu, agenda berlanjut ngopi bareng milenial di Taher Square, konvoi sepeda motor, dan bertemu tokoh agama di Hotel Mercure.

"TNI/Polri serta instansi teknis sudah siap mengamankan Presiden Joko Widodo di Banjarmasin," ucap Danrem 101/Antasari Kolonel Inf M Syekh Ismed kepada wartawan banjarhits.id, Thania Ang, Selasa (26/3).

Kolonel Ismed merangkap sebagai Komandan Satgas Pengamanan selama Presiden Jokowi kampanye di Banjarmasin. Pihaknya melibatkan unsur TNI sebanyak 1.428 personil. Ribuan prajurit ini berasal dari Kodim 1005 Marabahan, Kodim 1007 Banjarmasin, Kodim 1006 Martapura, Denpom Banjarmasin, Denzipur, Yonif 623, dan Lanud Banjarmasin.

Di luar unsur TNI, Ismed melibatkan anggota Polresta Banjarmasin, Brimob Polda Kalsel, Satlantas Polresta Banjarmasin, Dokkes Polda Kalsel, Keslanud Banjarmasin, hingga unsur pemerintah daerah.

Ribuan personel yang disiagakan mulai disebar ke berbagai lokasi strategis sesuai pemetaan kampanye. Termasuk yang menjadi pusat konsentrasi massa di Kota Banjarmasin. Hal ini lantaran status Jokowi yang saat ini masih menjabat sebagai Presiden RI.

"Belum dapat informasi di mana-mana saja. Tapi setiap lokasi yang akan didatangi, itu kami akan diamankan. Mulai dari bandara sampai akan pulang kembali sehingga terciptanya keadaan aman, tertib, terkendali dan kondusif," tambahnya.

Ada beberapa sub satgas pengamanan, di antaranya Sub Satgas 17 Mei Banjarmasin, Sub Satgas Mercure dan Duta Mall, Sub Satgas Intel dan Sub Satgas Taher Square.

Sebelumnya, Tim Kampanye Daerah (TKD) Kalsel Capres-Cawapres 01 Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin menggelar rapat koordinasi menyambut kampanye akbar di Stadion 17 Mei Banjarmasin yang akan digelar 27 Maret 2019. TKD Kalsel memastikan kampanye tersebut akan dihadiri oleh Capres Jokowi.

Rencana kehadiran Jokowi dibahas dalam rapat koordinasi yang dihadiri oleh TKD, relawan, organisasi masyarakat, komunitas, hingga parpol pengusung di Hotel Rattan Inn, Banjarmasin pada Minggu (24/3) malam.

Ketua Harian TKD Kalsel, Rully mengatakan, telah menyiapkan 4.000 undangan khusus yang diberikan ke perwakilan relawan, organisasi masyarakat, komunitas, dan sembilan partai politik pengusung dan pendukung Jokowi-Ma’ruf. Di luar 4.000 undangan tersebut, pihaknya juga menyiapkan undangan melalui jaringan relawan, ormas, komunitas, dan parpol.

"Besok kami punya hajatan besar. Kalsel jadi salah satu provinsi yang bisa dikunjungi beliau (Joko Widodo). Lapangan 17 Mei bisa muat 40 ribu orang. Saatnya kita tunjukkan Kalsel bersatu. Satu massa sangat berarti bagi perjuangan," ucap Rully.

Tidak ada komentar