Header Ads

Jauhi Masalah Kulit Wajah Dengan Perawatan Yang Tepat Sesuai Jenisnya


JAKARTA - Sebelum membeli berbagai produk kecantikan, ada baiknya untuk mengetahui jenis kulit yang dimiliki. Jangan sampai pemilihan make-up yang tidak tepat, justru membuat kulit tampak tidak sehat, kusam, dan berjerawat.

Banyaknya produk kecantikan dipasaran, belum tentu cocok untuk semua jenis kulit. Orang dengan kulit kering tentu tidak cocok menggunakan produk yang ditujukan bagi mereka yang memiliki kulit berminyak. Maka, dilansir dari Boldsky, Senin (12/3), ada cara untuk menentukan lima jenis kulit seseorang dan produk kecantikan yang bisa digunakan.

Orang yang memiliki tipe kulit ini benar-benar beruntung karena hanya disertai dengan sedikit masalah. Seseorang hanya memerlukan sedikit perawatan kulit dan sedikit make-up. Jenis kulit ini tampaknya tidak terlalu berminyak atau terlalu kering. Produk perawatan yang dibutuhkan hanya perawatan kulit dasar.

Kulit Berminyak

Seseorang dengan kulit berminyak lebih beruntung. Dia akan terhindar dari keriput dan penuaan lebih lama. Sayangnya, kulit berminyak rentan dengan masalah jerawat dan komedo karena pori-pori yang cenderung besar atau terbuka. Kulit berminyak memberi kesan mengilap. Jika memiliki kulit berminyak, sebaiknya gunakan produk yang mengandung asam salisilat atau tea trea oil. Fungsinya untuk mengurangi sebum berlebih dari kulit dan mengurangi timbulnya jerawat. Pastikan selalu menggunakan toner setelah mencuci wajah untuk menutup pori-pori yang membesar.

Kulit Kering

Orang yang memiliki kulit kering bisa sangat menyakitkan dan tidak nyaman. Beberapa orang memiliki kulit kering yang buruk meski sudah banyak menggunakan pelembap. Kulit kering bisa ditandai dengan kulit keriput yang memiliki warna kemerahan dan terkadang mulai mengelupas. Kulit juga cenderung terlihat kusam dan loyo.

Kulit kering terasa kencang dan lebih rentan terhadap garis dan keriput sejak dini karena kulit hanya memproduksi sedikit kolagen yang membuatnya tidak lembap. Ide terbaik jika memiliki kulit kering adalah menggunakan produk yang mengandung asam hyaluronic. Asam hyaluronic dapat membuat kulit tampak lembap dan kenyal.

Kulit Sensitif

Orang dengan kulit sensitif harus ekstra hati-hati dengan apa yang mereka gunakan. Sedikit perubahan bisa menyebabkan ruam. Kulit sensitif ditandai dengan bercak-bercak merah, kemerahan, kapiler pecah, dan bahkan gatal. Jika memiliki kulit sensitif, cobalah tetap menggunakan produk alami. Hindari penggunaan toner dengan alkohol di dalamnya karena bisa mengiritasi kulit lebih jauh lagi. Lidah buaya bisa membantu menenangkan kulit saat terasa gatal.

Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi ialah kondisi kulit berminyak yang biasanya di area T-zone dan kering di sebagian area wajah, tentu tak baik pula. Orang yang memiliki jenis kulit ini rentan berkomedo, berjerawat, dan cenderung memiliki pori yang besar. Jika memiliki jenis kulit ini, wajib membersihkan wajah secara teratur. Untuk pelembap terbaik, gunakan yang berbasis gel yang mengandung asam hyaluronic karena bisa mengatasi masalah kulit kombinasi.

Tidak ada komentar