Header Ads

Penyebab Dan Solusi Mengatasi Menstruasi Beraroma Amis


JAKARTA
, Darah yang dikeluarkan lewat menstruasi umumnya memang memiliki aroma yang berbeda dengan darah yang mengucur karena luka.

Pasalnya, menstruasi sendiri tidak hanya membawa darah, tetapi juga bakteri, mukus vagina, dan lapisan endometrium yang meluruh.

Pencampuran ini menghasilkan aroma menstruasi yang khas. Sayangnya, tidak sedikit wanita yang mengeluhkan bau amis pada darah menstruasi.

Menurut Dokter spesialis obgyn dari Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Botefilia Budiman, bau amis muncul setelah kelembapan vagina berubah saat menstruasi. “PH alfa di vagina itu umumnya cenderung asam. Nah, darah haid itu lebih basa," ujarnya di sela-sela acara peluncuran buku saku “Sehat dan Bersih Saat Menstruasi” di Jakarta, pada Rabu (14/3/2018).

"Kelembapan basa ini yang disenangi bakteri untuk tinggal. Namun, bakteri normalnya malah tidak bisa hidup di vagina karena kelembapan berubah basa. Jadilah bau darah yang keluar amis karena adanya bacterial vaginosis,” lanjutnya.

Tingkat keasaman pH vagina saat normal sekitar 3,8-4,5. Kadar ini meningkat saat menstruasi sehingga menjadi tidak seimbang dan timbul bau amis.

Inilah yang disebut vaginosis bakteri, ketika bakteri normal yang menjaga vagina kalah dengan bakteri berbau amis. Bau amis dari darah menstruasi akan menyebar setelah bertemu dengan udara. Kendati bisa hilang dengan sendirinya, perempuan acapkali merasa tidak nyaman dengan aroma yang tercium.

Botefilia melanjutkan, bau amis ini bisa diatasi dengan penggunaan antiseptik. Antiseptik menumpas bakteri yang seharusnya tidak menghuni vagina.

Selain itu, pembalut juga harus sering diganti agar darah yang terkumpul tidak merangsang datangnya banyak bakteri baru dan membuat bau menstruasi semakin menyengat. “Biar menstruasi tidak berbau amis dan menjadi infeksi genetalia, para perempuan sebaiknya mengganti pembalut tiap tiga hingga enam jam sekali,” imbuh Botefilia.

Apabila vagina masih tetap berbau amis meski periode haid telah usai, ia meminta para perempuan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan. Ini untuk mengetahui apakah ada penyakit yang menyertai atau tidak.

sumber: kompas.com




Tidak ada komentar