Header Ads

CPNS Jalur Sekolah Dinas Dibuka Hari Ini


JAKARTA
,  Pemerintah tahun ini membuka 13.677 kursi calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk delapan kementerian/lembaga yang memiliki lembaga pendidikan kedinasan. Pendaftaran seleksi CPNS melalui jalur sekolah kedinasan pun rencananya dibuka hari ini.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Herman Suryatman mengatakan, setelah Kemenpan-RB menyampaikan pengumuman secara publik, kementerian/lembaga telah mengumumkan hal-hal teknis mengenai pendaftaran. “Di dalam pengumuman kementerian/lembaga terkait terdapat persyaratan umum dan administrasi, lalu tata cara pendaftaran,” ungkap Herman melalui pesan singkatnya.

Selain itu juga dipaparkan mengenai tahapan seleksi. Mulai seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar, sampai seleksi kompetensi bidang. “Juga terkait format pengiriman berkas, jadwal waktu pelaksanaan, dan informasi teknis lainnya,” paparnya. Herman mengingatkan pendaftaran dilakukan secara online di https://sscndikdin.bkn.go.id . Selanjutnya akan diteruskan ke portal tiap kementerian/ lembaga. “Lalu pendaftar hanya boleh mendaftar di satu sekolah kedinasan saja. Bila terbukti lebih dari satu akan dinyatakan gugur,” tandasnya.

Heman juga mengatakan pilihan sekolah kedinasan tidak dapat diubah dengan alasan apa pun. Maka dari itu, dia kembali mengingatkan agar para peserta berhati-hati. “Persiapkan data-data seperti e-KTP dan KK yang valid. Apabila ditemukan kesulitan, segera lapor ke Dinas Dukcapil setempat,” ujarnya. Dia meminta peserta percaya pada kemampuan sendiri. Menurut dia, jangan karena tidak percaya diri lalu menggunakan calo. “Waspadai adanya penipuan,” katanya. Sebelumnya Sekretaris Kemenpan-RB Dwi Wahyu Atmaji mengatakan, ada peningkatan jumlah lowongan kali ini dibandingkan tahun lalu.

Pada tahun lalu hanya dibuka 8.348 kursi. “Pendaftaran dimulai 9 April 2018 sampai dengan 30 April 2018,” ujarnya. Kedelapan kementerian/lembaga yang membuka penerimaan siswa-siswi/taruna-taruni baru itu adalah Kementerian Keuangan (PKN STAN), Kementerian Dalam Negeri (IPDN), Badan Siber dan Sandi Negara (STSN), Kementerian Hukum dan HAM (Poltekip dan Poltekim), Badan Intelijen Negara (STIN), Badan Pusat Statistik (Politeknik Statistika), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG), dan Kementerian Perhubungan (11 sekolah tinggi, poltek, dan akademi).

Tidak ada komentar