Header Ads

Target 14 Juta Orang Lapor SPT Ditjen Pajak Belum Terlaksana


JAKARTA,  
Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan gagal mencapai target pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) tahun pajak penghasilan (PPh) 2017 sebanyak 14 juta wajib pajak (WP).

Tercatat, hingga Sabtu 31 Maret 2018, pukul 24.00 WIB. Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan mencatat total penerimaan SPT mencapai 10.589.648 SPT.

Kendati demikian, total penerimaan SPT 2017 meningkat 14% dibandingkan dengan tahun lalu pada periode sebanyak 9.288.394 SPT.

Dari 10.589.648 SPT yang sudah masuk, 1.916.229 di antaranya diterima manual. Sementara sisanya melalui elektronik.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Robert Pakpahan sangat yakin akan tercapai 14 juta WP yang melapor SPT hingga akhir periode pelaporan.

"Kami pantau terus nanti jatuh temponya adalah 31 Maret 2018. Mudah-mudahan bisa mengejar target tersebut," ungkapnya di Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa 20 Maret 2018.

Dia juga menyebut, di akhir periode pelaporan akan banyak WP yang menyampaikan kewajiban perpajakannya karena di awal-awal bulan biasanya melengkapi data terlebih dahulu.

"Memang biasanya sebagian besar masyarakat biasanya menunda, menunggu-nunggu sampai akhir periode di tanggal 30-31, mungkin masih mencari data, mengumpulkan data, menunggu bukti potong dan sebagainya," jelasnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengisyaratkan tidak akan memperpanjang masa pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) untuk orang pribadi. Artinya, batas akhir waktu pelaporan SPT untuk Wajib Pajak (WP) orang pribadi akan tetap berakhir hari ini.

Menurut Sri Mulyani, masyarakat bisa melaporkan langsung secara online hingga pukul 24.00 WIB. Sementara bagi WP yang ingin melaporkan langsung secara manual dengan datang langsung ke kantor pajak, maka Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di setiap wilayah akan melayani hingga pukul 17.00 WIB.

"Enggaklah (enggak diperpanjang). Kita akan tetap sampai tanggal 31 Maret 2018 (hari ini). Dan hari ini pun kalau Anda lihat juga teman-teman pajak tidak ada satu pun yang libur. Jadi setiap kali setiap saat kalau ada tugas SPT ini juga dilakukan," ujarnya saat ditemui di KPP Madya Utama dan Menteng Dua, Jakarta.

Tidak ada komentar