Header Ads

Madrid Pastikan Tiket Final Usai Tahan Imbang Munich


MADRID
,  Real Madrid memastikan diri ke babak final Liga Champions musim 2017/2018 usai menyingkirkan raksasa Jerman, Bayern Munchen di semifinal. Madrid lolos dengan keunggulan agregat 4-3.

Kepastian lolos ke partai puncak didapatkan Madrid usai pada leg kedua babak semifinal bermain imbang 2-2 di Santiago Bernabeu. Sebelumnya pada leg pertama Madrid menang 2-1 di Allianz Arena, Munich.

Madrid selanjutnya akan menghadapi pemenang duel semifinal lainnya yang mempertemukan jagoan Inggris, Liverpool dengan kuda hitam asal Italia, AS Roma. Laga final akan berlangsung di Stadion NSSP Olimpiyskyi, Kyiv, Ukraina, Minggu, 27 Mei mendatang.

Jalannya Pertandingan

Pada laga yang berlangsung Rabu, 2 Mei dinihari Wita, Bayern Munchen mengambil inisiatif serangan sejak awal. Hasilnya bisa langsung mereka dapatkan di menit ke-3. Berawal dari umpan di sisi kiri pertahanan Madrid, Sergio Ramos gagal membuang bola dengan baik. Bola liar di dalam kotak penalti pun langsung disambar Joshua Kimmich yang tidak mampu diantisipasi kiper, Keylor Navas. Skor 0-1.

Madrid langsung merespons dengan balik menekan. Pada menit ke-11, tuan rumah pun menyamakan kedudukan. Lewat serangan cepat di sisi kanan, Marcelo mengirim umpan silang terukur ke depan gawang. Karim Benzema yang lepas dari pengawalan David Alaba dengan mudah menanduk bola untuk menaklukkan Sven Ulreich. Skor 1-1.

Setelah skor imbang 1-1, jual beli serangan terjadi. Ada setidaknya dua peluang berbahaya Bayern dalam lima menit berikutnya yang gagal dimaksimalkan barisan penyerang mereka. Sebaliknya, di menit ke-27, giliran Madrid yang punya dua peluang bagus. Termasuk saat sodoran Cristiano Ronaldo membuat Marcelo berhadapan dengan kiper. Sayang, Marcelo memutuskan mengumpan bola ke Benzema yang pergerakannya sudah ditutup Hummels.

Pada menit ke-31, Bayern nyaris kembali unggul ketika Ribery mampu memberikan umpan di dalam kotak penalti kepada Thomas Meller. Beruntung bagi tuan rumah tembakan jarak dekat Muller terlalu lemah sehingga bisa ditangkap Navas.

Dua menit berselang, giliran Lewandowski yang memberikan ancaman pada gawang Los Blancos. Mendapat umpan terobosan Muller, kapten Polandia itu tinggal berhadapan dengan kiper. Namun, tendangan kerasnya bisa diblok dengan kaki oleh Navas. Terjadi kemelut usai sepakan Lewandowski. Tapi bola muntah yang disontek James Rodriguez masih melenceng tipis di atas mistar gawang padahal jaraknya tepat di mulut gawang.

Lepas dari dua ancaman Die Roten, giliran Madrid yang memberi teror pada gawang tamunya. Di menit ke-38, Ronaldo yang mendapat bola di sisi kanan kotak penalti melepaskan tendangan keras kaki kiri. Namun kiper Ulreich mampu menepis bola dan hanya menghasilkan tendangan sudut. Dalam proses tendangan sudut yang diambil Asensio ini, Madrid kembali mendapat peluang. Sayang, sundulan Ramos masih menyamping di sisi kanan gawang Ulreich.

Di menit injury time, Bayern mengklaim penalti saat umpan silang Kimmich mengenai tangan Marcelo di kotak penalti. Namun wasit asal Turki, Cuneyt Cakir menganggap tangan bek kiri asal Brasil itu tidak dalam keadaan aktif. Skor 1-1 pun menjadi hasil babak pertama. Kedua kubu pun masuk ruang ganti dengan agregat 3-2 bagi Madrid.

Kembali dari ruang ganti, Madrid mencetak gol cepat. Saat babak kedua baru saja dimulai, Tolisso melakukan blunder. Tidak menyadari kehadiran Benzema di depan kotak penalti, ia memberikan bola kepada penjaga gawang. Ulreich tampak terkejut menerima bola dan kebingungan mengamankannya. Ia awalnya terlihat ingin menangkap bola namun kemudian menyadari bahwa itu pelanggaran dan mencoba menyapu bola. Akan tetapi, tendangannya tak mengenai bola yang meluncur ke depan gawang. Benzema pun langsung menyontek bola ke dalam gawang yang sudah kosong ditinggalkan Ulreich. Skor 2-1 dan agregat 4-2.

Bayern langsung meningkatkan serangan setelah tertinggal. Berselang dua menit setelah gol Benzema, Alaba mampu mendapat ruang tembak di depan kotak penalti. Namun, tendangan keras Alaba mampu ditepis Navas dan hanya menghasilkan tendangan penjuru. Setelah itu, di menit ke-51, Bayern meminta penalti dari wasit setelah menganggap Lewandowski dijatuhkan Ramos. Namun, wasit tak menggubrisnya.

El Real mendapat peluang menggandakan keunggulan dalam tiga kesempatan di menit ke-52 dan 53. Pertama lewat umpan Modric yang terlambat disambut Benzema meski bola melintas di depan gawang. Setelah itu, umpan terukur Asensio ke depan gawang yang gagal dijangkau Ronaldo. Lalu, peluang terbaik Ronaldo yang lepas dari perangkap offside. Sayang bola tendangan Ronaldo melayang jauh di atas mistar gawang.

Memasuki satu jam pertandingan, Bayern yang butuh dua gol meningkatkan serangan. Pada menit ke-63, mereka pun mendapatkan gol penyama kedudukan. Menerima bola di depan kotak penalti, James Rodriguez melepaskan tendangan keras kaki kanan. Bola sempat mengenai badan Raphael Varane namun kemudian bisa kembali diteruskan James Rodriguez untuk menaklukkan Navas. Skor 2-2 dan agregat 4-3.

Laga menjadi lebih seru setelah gol James yang tanpa selebrasi. Bayern setelah itu mencoba mencari gol ketiganya. Sebaliknya, Madrid juga berusaha mencetak gol untuk kembali unggul. Namun hingga menit ke-70, tidak ada peluang berarti dari kedua kubu. Pelatih Madrid, Zinedine Zidane kemudian melakukan dua pergantian pemain sekaligus di menit ke-71. Casemiro dan Gareth Bale masuk menggantikan Mateo Kovacic dan Karim Benzema.

Di menit ke-73, peluang emas didapatkan Tolisso untuk mengubah skor. Mendapat bola di dalam kotak penalti, pemain asal Prancs itu melepaskan tendangan keras. Sayang, bola bisa diblok Navas.  Tolisso langsung ditarik keuar digantikan Sandro Wagner. Semenit berselang, James kembali membuat pendukung tuan rumah menahan nafas saat mampu melepaskan tendangan keras dari depan kotak penalti. Namun, bola bisa diblok Ramos kemudian ditangkap Navas.

Madrid balas mengancam di menit ke-76. Bermula dari serangan balik, Luka Modric memberikan umpan terobosan kepada Ronaldo. Namun, tendangan keras Ronaldo mampu diblok Hummels dan hanya melahirkan sepak pojok.

Sepuluh menit akhir kedua kubu mencoba melakukan perubahan strategi. Pelatih Bayern, Jupp Heynckes mencoba menambah kekuatan lini tengah dengan memasukkan Javi Martinez menggantikan James Rodriguez. Sedangkan Zidane mencoba menambah barisan pertahanan dengan memainkan Nacho dan menarik keluar Asensio.

Di 10 menit akhir ini, Bayern mencoba menyerang secata sporadis. Mereka sempat mendapat beberapa peluang bagus, termasuk melalui sundulan Hummels usai menerima sepak pojok Tiago. Namun, semua bisa dipatahkan Navas. Skor 2-2 pun bertahan yang berarti Madrid lolos dengan agregat 4-3. (amr)

Susunan Pemain

Real Madrid: Navas; Vazquez, Ramos, Varane, Marcelo; Kovacic (Casemiro 71’), Kroos, Modric; Asensio (Nacho 86’), Benzema (Bale 71’), Ronaldo

Bayern Munchen: Ulreich; Alaba, Hummels, Sule, Kimmich; Thiago, James Rodriguez (Martinez 82’), Tolisso (Wagner 72’); Muller, Ribery, Lewandowski

Tidak ada komentar