Header Ads

Permintaan Bawang Putih Diprediksi Naik hingga 20% Menjelang Puasa


SURABAYA
,  Menjelang bulan puasa atau Ramadan, permintaan bawang putih di pasar Pabean Surabaya, Jawa Timur diprediksi bakal mengalami kenaikan berkisar antara 10% sampai 20%. Pasalnya, kebutuhan masyarakat terhadap bawang putih mengalami peningkatan.

Untuk saat ini harga bawang putih pada pasar tradisional terbesar di Kota Surabaya itu dipatok sekitar Rp20.000 per kg. Harga tersebut sudah mengalami penurunan bilang dibanding sebelumnya yang mencapai Rp25.000 hingga Rp30.000 per kg.

Sedangkan untuk stok bawang putih menjelang puasa hingga Hari Raya Idul Fitri dipastikan aman. Sebab bakal datang 800 kontainer atau kurang lebih 24.000 ton bawang putih dari Cina pada 8 Mei 2018 nanti.

"Permintaan diperkirakan tambah 10% sampai 20% menjelang puasa, artinya tidak akan ada lonjakan permintaan dari masyarakat," terang Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Bawang Putih Indonesia (APBPI), Kusmanto Setiawan, Jumat (4/5/2018).

Kusmanto menjelaskan, harga bawang putih hari ini mencapai Rp11.000 per kg untuk di tingkat distributor, dan sampai ke konsumen harganya tidak lebih Rp20.000 per kg. Stok pangan khususnya bawang putih untuk bulan Ramadhan dan Idul Fitri tidak akan kurang alias aman.

"Karena tanggal 8 bulan mei arus barang kontainer akan masuk 800 kontainer, ini kurang lebih 24.000 ton. Bawang putih tersebut didatangkan dari China. Bawang impor umbinya lebih besar dan murah," ungkapnya.

Sedangkan untuk bawang putih lokal, sambung Kusmanto, masih belum dipanen. Sementara harganya diperkirakan Rp36.000 sampai Rp40.000 ribu per kg, sehingga bila dibandingkan dengan bawang import sangat berbeda baik kualitas maupun harganya.

"Bawang lokal umbinya kecil-kecil karena pengaruh cuaca dan cocok tanam yang berbeda," paparnya.

Dia menambahkan, untuk harga bawang putih dipastikan tidak ada kenaikan. Namun yang menjadi kendala untuk kalangan importir sekarang dikenai wajib tanam 5%, sehingga menambahkan biaya. Kondisi itu harus menjadi perhatian dari pemerintah supaya biasa menekan biaya importir bawang putih.

Tidak ada komentar