Header Ads

Latihan Serius Timnas Indonesia di Bawah Kendali Bima Sakti



Tak banyak canda tawa terlihat dalam latihan perdana Timnas Indonesiajelang Piala AFF 2018 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Jumat (2/11) pagi.

Latihan tersebut sekaligus menjadi debut Bima Sakti sebagai pelatih kepala di Timnas Indonesia. Sebelumnya, skuat Merah Putih dilatih pelatih asal Spanyol Luis Milla.

Latihan dimulai tepat pukul 08.00 WIB. Dari 23 pemain yang dipanggil, hanya gelandang Saddil Ramdani yang tak ada bersama para pemain lain.

Menu latihan diawali dengan pemanasan, berlanjut ke latihan penguasaan bola bagi para pemain dan reaksi bagi penjaga gawang. Penguasaan bola dengan beragam variasi mendapat porsi paling banyak di latihan perdana ini. 

Untuk memantapkan penguasaan bola, para pemain menjalani latihan operan selama hampir setengah jam. Dalam latihan umpan para pemain tidak hanya diam, tapi juga sambil bergerak dari satu titik ke titik lain yang telah ditentukan.

Timnas Indonesia memulai sesi latihan jelang Piala AFF 2018 di Stadion Wibawa Mukti, Jumat (2/11).
Selain itu, para pemain juga melakukan rondo atau kucing-kucingan dengan jumlah pemain yang banyak. Sepuluh orang membentuk kotak dan delapan orang pemain memakai rompi berada di dalamnya. Delapan orang tersebut berusaha merebut bola yang dikuasai 10 pemain yang tak mengenakan rompi, tanpa keluar dari kotak. Latihan ini berlangsung selama sekitar 15 menit.

Sementara itu, tiga penjaga gawang yakni Andritany Ardhiyasa, Muhammad Ridho, dan Awan Setho berlatih reaksi dari tendangan jarak dekat. Para pemain tampak sedikit bercanda dalam latihan tersebut, dan fokus mendengar instruksi pelatih.

Di saat yang lain berlatih bersama Bima, gelandang Stefano Lilipaly berlatih terpisah bersama staf pelatih lain. Pemain Bali United tersebut terlihat seperti sedang pemulihan cedera pergelangan kaki yang sempat ia derita belakangan ini.

Setelah 45 menit, Timnas Indonesia berlatih taktik menyerang dalam setengah lapangan secara tertutup. Dalam sesi ini para pemain juga melakukan gim internal. 

Tidak ada komentar