Header Ads

Harga Minyak Naik Terdorong Laporan OPEC


NEW YORK
,  Harga minyak AS naik pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), setelah laporan bulanan terbaru OPEC (Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak) menunjukkan permintaan yang lebih tinggi tahun ini.

Patokan AS, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Mei, naik USD0,25, menjadi menetap di USD67,07 per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara itu, patokan global, minyak mentah Brent untuk pengiriman Juni, kehilangan USD0,04 menjadi ditutup pada USD72,02 per barel di London ICE Futures Exchange.

Dalam laporan bulanan, OPEC menaikkan perkiraan pertumbuhan permintaan minyak global untuk tahun ini sebesar 30.000 barel per hari (bph) menjadi 1,63 juta barel per hari.

Selain itu, OPEC mengatakan produksi kolektifnya turun 201.000 barel per hari menjadi 31,96 juta barel per hari pada Maret dibandingkan dengan Februari, didorong oleh penurunan produksi di negara-negara seperti Venezuela, Arab Saudi dan Libya.

Sekretaris Jenderal OPEC Mohammad Barkindo mengatakan bahwa kelebihan pasokan minyak global telah secara efektif menyusut sembilan per sepuluh sejak awal 2017, menurut Reuters

Pada sesi sebelumnya, harga minyak AS dan Brent mencapai level tertinggi "intraday" sejak akhir 2014 di tengah meningkatnya ketegangan geopolitik di Timur Tengah.

Tidak ada komentar