Header Ads

Jokowi Minta TNI Antisipasi Tantangan Perkembangan Teknologi



JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta TNI untuk tetap waspada dalam menghadapi tantangan dan ancaman yang semakin kompleks. Di masa lalu, tantangan dan ancaman berbentuk konfensional, kini TNI menghadapi tantangan yang jauh lebih rumit.

"Kemajuan teknologi informasi, kecerdasan buatan, artificial intelligence, teknologi tanpa awak, media sosial dan berbagai perubahan sosial yang baru merupakan sebuah tantangan yang nyata dan harus diantisipasi," kata Jokowi saat memberikan amanat dalam upacara HUT ke-73 TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Jumat (5/10/2018).

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga meminta TNI waspada terhadap upaya merongrong NKRI serta rongrongan dari dalam yang mengganggu Pancasila sebagai dasar negara. Jokowi mengingatkan ancaman nyata di bidang budaya dan ekonomi, perdagangan bebas dan perkembangan teknologi yang sangat cepat. 

"Sekarang ini tidak ada jalan lain bahwa kita harus bergegas memperkokoh pondasi pembangunan nasional nyata. Pembangunan kita harus Indonesiasentris yang sejalan dengan pertahanan semesta. Kita harus menjaga stabilitas politik dan menjamin ketentraman masyarakat," ucap Jokowi.

Tidak ada komentar